Categories
Perkuliahan

Video tutorial membangun simulasi hidrodealkilasi toluena – Separasi dalam Aspen Hysys

Dari video, anda akan belajar tentang:

  1. Menghitung tekanan dew point
  2. Menghitung tekanan bubble point
  3. Menggunakan short cut column untuk memperkirakan jumlah reflux ratio minimum, jumlah tray teoritis dan aktual dan tray optimal untuk umpan.
  4. Mensimulasikan kolom distilasi dengan perhitungan yang lebih akurat berdasarkan perkiraan menggunakan short cut column.

Melanjutkan simulasi sebelumnya tentang proses hidrodealkilasi toluena – sesi reaktor (Disini), aliran dari sesi reaktor pada 100∘F and 484 psia akan dipisahkan dengan dua kolom distilasi menjadi Product 1-3 dalam tabel berikut.

Soal dari W. D. Seider, J. D. Seader, D. R. Lewin, Product & Process Design Principles, John Wiley & Sons, 2004.

Dua urutan distilasi berbeda akan diteliti seperti ditunjukkan pada gambar di atas. Pada urutan pertama, H2 and CH4 diambil dalam kolom pertama. Ini yang diselesaikan dalam video tutorial.

Selesaikan menggunakan Aspen Hysys, gunakan Short Cut Column untuk perkirakan reflux ratio dan jumlah tray teoritis untuk kolom distilasi kedua. Short Cut Column gagal untuk kolom pertama dan diselesaikan dengan metode manual dan didapatkan kolom tanpa kondensor dengan jumlah tray 3 dan umpan masuk pada tray paling atas. Selain itu, opsi SRK digunakan. Untuk kolom kedua, tetapkan reflux ratio sama dengan 1,3 kali minimum. Gunakan spesifikasi desain untuk menyesuaikan tekanan kolom isobar sedemikian rupa untuk memperoleh suhu distilat 130oF; akan tetapi, tekanan kolom tidak boleh ada yang lebih kecil daripada 20 psia. Juga, tetapkan kondensor total untuk kolom kedua.

Simak video tutorialnya!

By Lab Elkimkor

We belong to the Department of Chemical Engineering, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s