Kuliah

TEKNIK ELEKTROKIMIA

Kuliah yang disajikan dalam video-video dalam laman ini disusun berurutan agar permirsa mampu memahami fundamental dari teknik elektrokimia dengan pendekatan yang menarik. Kuliah ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir atau pascasarjana dalam teknik dan sains. Pemirsa dianggap belum punya pengetahuan tentang elektrokimia, tetapi telah belajar di tingkat sarjana tentang termodinamika, perpindahan, dan kimia. Pengetahuan dasar persamaan diferensial juga disarankan.

SIMULASI PROSES DENGAN ASPEN HYSYS

Kuliah yang disajikan dalam video-video dalam laman ini disusun berurutan agar permirsa mampu membangun dan melakukan simulasi proses dengan Aspen Hysys. Kuliah ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir atau pascasarjana dalam teknik kimia untuk menunjang tugas desain pabrik kimia. Selain itu, kuliah ini juga bisa diikuti oleh insinyur proses kimia dalam industri gas dan petrokimia yang berkecimpung dalam desain dan analisa proses. Pemirsa dianggap telah belajar tingkat dasar perangkat lunak Aspen Hysys.

ANALISA TEKNIK KIMIA DENGAN EXCEL

Belajar tentang analisa persoalan dan perhitungan dasar teknik kimia dengan mengelompokkannya berdasarkan teknik numerik dan metode pemecahannya, dan menyelesaikannya menggunakan Excel. Metode yang dipakai adalah dengan mengeksplorasi berbagai contoh penyelesaian persoalan teknik kimia dimana penyelesaian dikembangkan memakai prinsip dasar teknik kimia untuk membuat model matematika. Pendekatan berorientasi persamaan inilah yang memungkinkan digunakannya penyelesaian persoalan berbasis komputer. Penyelesaian persoalan yang efisien dan efektif diperkenalkan dengan memakai metode numerik dengan Excel untuk persamaan linier, persamaan nonlinier, persamaan diferensial biasa, regresi linier dan nonlinier dan pengepasan kurva polinomial.