Pilar elektrokimia modern: paruh kedua abad 20 dan setelahnya (Bag. 2) – Selesai

rcbkmPenelitian ilmiah di India yang baru merdeka pada 1950an dipandang keanehan usaha  manusia daripada sebuah profesi. Tetapi itu tidak menyurutkan ahli elektrokimia India Kadarundalige Sitharama Gururaja Doss (1906-1989) memelopori  pengaruh AC terhadap adsorpsi dan kinetika elektroda. Ia juga memperkenalkan teknik tensametri (secara mandiri dari Breyer) dan pengaruh redoksokinetika, yang sekarang diistilahkan rektifikasi faradaik. Dampak dari teknik ini dalam studi adsorpsi, kinetika reaksi cepat dan elektroanalisa logam kadar sangat kecil dikenal dengan baik. Salah satu muridnya yang patut dikenang, Sarukkai Krishnamachari Rengarajan (1932-2008) dikenal dengan baik untuk pendekatan terpadu untuk memodelkan fenomena antarmuka pada tingkat makro, molekuler dan elektron.

Periode ini juga melihat kolaborasi hebat antara murid dan guru dalam elektrokimia, menampilkan Brian Evans Conway (1927-2005) dan John O’Mara Bockris (lahir 1923). Mereka adalah instrumen yang membawa elektrokimia dari keadaan yang mati suri karena perang dunia II melalui multi-volume monumental Modern Aspects of Electrochemistry. Secara tidak sengaja, murid Bockris yang lain, ahli elektrokimia India Amulya K. N. Reddy juga membantu membawa elektrokimia kedepan dengan mengkompilasi kuliah Bockris kedalam Modern Electrochemistry, buku dua volume dan barangkali klasik. Bockris dan Conway adalah pemberi arah kinetika elektroda dalam dunia barat. Conway merupakan ahli elektrokimia “lengkap” dimana ia bekerja pada hamper semua aspek elektrokimia: antarmuka diberi listrik, solvasi ion, adsorpsi, kinetika elektroda, pembentukan lapisan oksida, elektrokatalisa, baterai isi ulang dan kapasitor elektrokimia.

Penemu Austria dan ahli elektrokimia Karl V. Kordesch (lahir 1922) nama yang sangat dikenal bagi peneliti dalam bidang baterai dan sel bahan bakar. Ia adalah penemu sel primer alkalin (yang telah banyak menggantikan sel kering seng-karbon dalam lampu senter) dan kunci promotor teknologi baterai RAM (rechargeable alkaline manganese dioxide). Pada tahun 1960an, ia menjadi yang pertama yang mengembangkan sel bahan bakar Apollo, sel bahan bakar alkalin dengan elektrolit disirkulasi.

Ini juga merupakan waktu ketika elektrokimia kuantum mengambil akar dengan penelitian yang mendobrak jalan oleh ilmuwan Georgia Revaz Dogonadze (1931-1985). Ia yang pertama kali mengenali proses transfer electron sebagai transisi mekanika kuantum antar dua keadaan electron. Kelompok risetnya yang pertama kali mengusulkan model mekanika kuantum untuk transfer proton dalam pelarut polar, yang menuju pada formulasi teori mekanika kuantum mengenai proses kimia, elektrokimia dan biokimia dalam zat cair polar. Tetapi Rudolph Marcus-lah (lahir 1923) yang meletakkan elektrokimia kuantum pada peta. Ia adalah seorang ahli kimia teoritis Amerika yang memenangkan hadiah Nobel 1992 dalam Kimia untuk teorinya transfer electron dalam sistem kimia.

Saat ini elektrokimia tampaknya bergerak beriringan dengan kemajuan dalam sains bahan dan teknik karakterisasi. Sebagai contoh, ada lonjakan tajam kearah eksploitasi bahan skala nano dan arsitektur. Harapan dalam arah ini tinggi karena permukaan memainkan peran kunci dalam proses elektrokimia. Pengembangan lanjutan dalam sintesa dan karakterisasi bahan juga telah mengarah pada diterimanya perubahan dalam riset elektrokimia. Sebagai penutup, urutan kronologis perkembangan elektrokimia yang berharga telah diuraikan meskipun pendekatan ini mungkin merampok interkoneksi diantara mereka. Ilmuwan yang dipotret sebagai pilar elektrokimia disini telah membuat kontribusi seminal atau membantu meneruskan apa yang sebelumnya hanya diusulkan. Mudah-mudahan daftar tersebut komprehensif, tidak diragukan lagi masih banyak yang diabaikan.

5 thoughts on “Pilar elektrokimia modern: paruh kedua abad 20 dan setelahnya (Bag. 2) – Selesai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s