Penerimaan Mahasiswa Program PMDSU

Laboratorium Elektrokimia dan Korosi Jurusan Teknik Kimia ITS menerima pendaftaran mahasiswa baru Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) untuk semester Gasal 2015/1016. Ada lowongan untuk 3 (tiga) orang, yang semuanya akan menerima beasiswa penuh selama studi. Bidang penelitian yang ditawarkan meliputi:

  • Produksi partikel untuk aplikasi energi, biomedis dan lingkungan. Penelitian yang sedang berjalan adalah produksi nanopartikel magnetite (Fe3O4), Fe3O4 berlapis silika, nano dan submikro-meter MnO2 partikel dan partikel hydroxyapatite (HA). Aplikasi partikel tersebut juga dikembangkan. Sebagai contoh, Fe3O4 dan MnO2 untuk bahan anoda baterai dan katalis. HA untuk implant tulang dan gigi.
  • Produksi bahan maju berbasis silika dari limbah dan sumber alam, dan aplikasinya. Beberapa contoh yang sedang dikerjakan adalah silica gel, mesoporous silica dengan struktur pori terkontrol, komposit silika-karbon dan silica aerogel dari abu ketel pabrik gula (abu bagasse) dan geothermal sludge. Aplikasi yang sedang dikembangkan meliputi pengolahan limbah cair dan gas (adsorben), katalis dan sebagainya.
  • Pelapisan permukaan untuk perlindungan korosi dan self-cleaning: (i) deposisi elektroforesis silika atau komposit silika-HA pada logam, (ii) anodisasi logam (baja, Al) untuk memodifikasi permukaannya sehingga memiliki sifat tertentu, (iii) pelapisan hidrofob kaca.

Program PMDSU adalah program untuk mahasiswa S1 yang berprestasi sangat baik yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan studi sampai dengan program doktoral. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan gelar doktor adalah 4 tahun dengan syarat dalam 1 tahun pertama mampu menyelesaikan 24 sks dengan IPK >= 3,5. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, mahasiswa akan berhenti hanya sampai magister.

Syarat pendaftaran adalah lulus S1 dari Program Studi Teknik Kimia dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia (Terakreditasi BAN PT min B) dengan IPK > 3.5 (skala 4), TOEFL > 500 dan TPA > 500. Peserta Program PMDSU akan menerima beasiswa penuh yang meliputi: SPP, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian dan biaya domisili. Selain itu, mahasiswa juga dibiayai untuk melakukan sandwich-like program ke universitas di luar negeri dan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya pada simposium internasional di luar negeri.

Bagi calon yang berminat dan serius, kirim CV dan deskripsi diri (portofolio) via e-mail ke:

Prof. Dr. Heru Setyawan
Jurusan Teknik Kimia
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
E-mail: sheru@chem-eng.its.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s