Buku simulasi proses karya Prof. Heru Setyawan

Telah terbit buku berjudul: “Pengantar untuk Simulasi Proses dengan Aspen HYSYS” oleh Prof. Heru Setyawan. Buku ini dimaksudkan untuk mengisi jurang pemisah dalam literatur yang tersedia untuk pemakai simulator proses, terutama Aspen HYSYS, yang belum berpengalaman yang, sembari mengembangkan kemampuannya, perlu referensi yang menyediakan dasar-dasar simulasi proses. Buku ini sangat berguna untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Sintesa Proses, Perancangan Proses, Perancangan Pabrik Kimia atau mata kuliah sejenis dan para praktisi dibidang rekayasa dan operasi proses.

Dapatkan di toko buku terdekat atau belanja on line melalui: Penerbit Andi.

simulasi-proses2.jpg

Buku ini mulai dengan sebuah bahasan tentang peran penting simulasi proses di industri kimia dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan simulasi proses agar didapatkan hasil yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Bahasan kemudian dilanjutkan dengan kajian ulang mengenai hukum konservasi dengan penekanan pada neraca massa dan neraca panas. Kajian ulang thermodinamika dengan penekanan pada konsep yang mendukung model yang digunakan untuk melakukan simulasi proses diberikan secara komprehensif. Ini terutama menyangkut kesetimbangan fasa, dasar perhitungan enthalpy dan persamaan keadaan.

Bahasan kemudian masuk ke simulasi proses, dengan terlebih dahulu diuraikan sekilas tentang Aspen Hysys, paket fluida yang tersedia dan bagaimana menentukan paket fluida/model thermodinamika yang cocok untuk sistem komponen yang akan disimulasikan. Baru setelah itu, bagaimana melakukan simulasi dengan Aspen Hysys dan cara menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia untuk menginterpretasikan hasil simulasi diuraikan dengan beberapa contoh kasus termasuk melakukan studi parametrik dari proses yang umum di industri.

Pemakaian simulasi proses untuk melakukan perhitungan teknik kimia pada jaman modern dengan kemampuan komputer yang sangat luar biasa meningkat dengan tajam akhir-akhir ini. Perhitungan dengan pensil dan kertas seperti jaman dulu sering tidak masuk akal. Sekarang, perangkat lunak baru mampu melakukan perhitungan teknik kimia hanya dalam hitungan detik, jauh lebih cepat dibandingkan jika dikerjakan dengan tangan.

Bayangkan ketika ada tugas untuk merancang kolom distilasi untuk menghasilkan produk atas benzena 90% dan produk bawah toluena 95%. Pertama, data VLE untuk benzena-toluena harus dicari, diagram xy harus disusun, garis umpan digambar, dan jumlah tray McCabe-Thiele ditentukan. Kemudian, neraca massa dan energi dihitung, titik embun produk atas dan titik didih produk bawah diperkirakan, dan beban kondensor dan reboiler ditentukan. Setelah itu berkutat dengan persamaan hidrolik yang susah untuk menentukan diameter kolom, dan seterusnya, dan seterusnya sampai sistem selesai dirancang.

Dan kemudian ada keputusan bahwa yang diinginkan adalah 95% benzena, tetapi dengan umpan 1.000 kg/jam, bukan 700 kg/jam…?

Tampaknya layanan rekayasa proses tidak lagi sesuai atau lengkap tanpa adanya perangkat lunak simulasi proses yang komprehensif dan insinyur kimia yang sangat terlatih dalam pemakaiannya. Ketersediaan komputer dan perangkat lunak simulasi proses komersial yang handal dan canggih secara luas memungkinkan penggunaan perangkat lunak tersebut oleh mahasiswa dan industri. Perangkat lunak yang sekarang tersedia di pasar, mis.: Aspen HYSYS, memiliki kemampuan yang sangat kuat, tetapi operasinya masih memerlukan tingkat ketrampilan dan pemahaman yang tinggi dari operator untuk memperoleh hasil yang bermakna dalam situasi yang kompleks.

Buku ini dimaksudkan untuk mengisi jurang pemisah dalam literatur yang tersedia untuk pemakai simulator proses, terutama Aspen HYSYS, yang belum berpengalaman yang, sembari mengembangkan kemampuannya, perlu referensi yang menyediakan dasar-dasar simulasi proses. Meskipun referensi masing-masing prinsip dasar seperti neraca massa dan panas, dan thermodinamika sudah banyak, namun yang memadukannya  dengan aplikasi untuk simulator proses masih sangat jarang ditemukan.

Selain di atas, buku ini juga dimaksudkan untuk menyediakan dasar teori yang diperlukan untuk pemakaian efektif Aspen HYSYS dan mencakup bidang pemodelan proses dan algoritma penyelesaiannya, hukum konservasi dan dasar-dasar thermodinamika. Setelah itu, pemakaian Aspen HYSYS diperkenalkan dan bagaimana menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Aspen HYSYS dapat digunakan secara efektif dan optimal untuk menyelesaikan masalah rekayasa proses. Hal ini dilakukan dengan secara langsung memberikan studi kasus untuk proses-proses kimia umum dan bagaimana Aspen HYSYS dapat membantu melakukan analisa dan studi parameter proses tersebut. Akan tetapi perlu dicatat disini bahwa buku ini bukan dimaksudkan sebagai User Manual.

Setelah mulai mengajar mata kuliah Sintesa dan Simulasi Proses di Departemen Teknik Kimia – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan memanfaatkan Aspen HYSYS kepada mahasiswa sarjana tingkat terakhir, penulis menjadi sadar akan tiadanya buku yang sesuai dengan tingkat yang tepat. Tidak dapat dipungkiri, buku ini, yang dikembangkan dari catatan kuliah dan bahan pelatihan simulasi proses untuk industri, disusun dengan mahasiswa penulis sendiri sebagai sasaran pemakai. Jadi, pertama dan terpenting, penulis berharap bahwa buku ini akan cukup berharga sebagai bahan tambahan atau pendamping belajar-mengajar untuk mendukung kuliah Sintesa dan Simulasi Proses pada tingkat sarjana dan pascasarjana. Namun demikian, untuk menjembatani celah antara konsep dasar neraca massa dan panas, dan thermodinamika dan praktek industri terapan, penulis yakin bahwa buku ini juga akan bermanfaat bagi insinyur profesional di industri, yang terlibat dalam produksi dan rekayasa proses kimia. Mereka pasti memerlukan sebuah panduan referensi yang lengkap tetapi user-friendly untuk semua latar belakang pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan Aspen HYSYS atau perangkat lunak simulasi proses lainnya. (hs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s