Sabun lawan Body Wash

Saat ini di toko-toko mulai muncul produk mandi selain sabun, yang disebut body wash atau shower gels. Sabun adalah benda yang sudah sangat lama dikenal untuk membersihkan badan ketika mandi dan kita sudah terbiasa memakainya. Jenisnyapun sekarang beragam, ada yang berupa sabun batangan dan akhir-akhir ini barangkali lebih populer sabun cair.

Body wash dan shower gels akhir-akhir ini mulai banyak dikenal sebagai pengganti sabun. Sebenarnya kedua bahan ini memiliki cara yang sama untuk membersihkan badan, hanya saja senyawanya yang berbeda. Untuk lebih mengenal kedua jenis ini berikut akan diuraikan kemiripan dan perbedaan kimia antara kedua bahan tersebut.

Sabun dan body wash sama-sama mengandung surfaktan, sebuah molekul dengan satu ujung larut dalam air (hidrofilik) dan ujung lain larut dalam minyak dan lemak (hidrofobik). Surfaktan menurunkan tegangan permukaan air, menciptakan busa dan mengemulsikan minyak dan lemak sehingga minyak dan lemak dapat dicuci bersih. pH kulit agak asam, sekitar 5,5. Sabun bersifat basa (pH~9) dan dapat memiliki efek pengeringan, sedangkan body wash memiliki pH yang lebih dekat dengan kulit (antara 4-6).

Sabun dibuat dengan mereaksikan lemak atau minyak (trigliserida) dengan basa yang larut dalam air menghasilkan surfaktan sabun dan gliserol, sebuah produk samping yang bermanfaat. Jika basa yang digunakan adalah natrium hidroksida, sabun yang dihasilkan adalah sabun padat. Apabila menggunakan kalium hidroksida sebagai basa, sabun yang dihasilkan adalah sabun cair. Air sadah ditambah natrium stearat menghasilkan sabun scum (kalsium dan magnesium stearat). Karena bahan kimianya berbeda, sabun dan body wash terasa berbeda di kulit.

Body wash dan shower gel seringkali menggunakan garam dari lauril sulfat dan laureth sulfat sebagai surfaktan. Glikol stearat menghasilkan efek kemilau seperti mutiara (pearlescent).

Pustaka

C. Drahl, Green Washing, Chemical & Engineering News, p. 18-21, 2018.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s