Nanopartikel yang menjanjikan untuk baterai pemasok listrik di daerah 3T

Peneliti di Laboratorium Elektrokimia dan Korosi, Departemen Kimia ITS telah mengembangkan teknologi berbasis nanopartikel mangan dioksida yang dapat digunakan sebagai pengganti katalis Pt yang harganya mahal untuk reaksi reduksi oksigen. Nanopartikel ini dibuat dengan elektrolisis larutan kalium permanganat dalam air. Dengan mengatur keasaman larutan, morfologi nanopartikel mangan dioksida dapat diatur menjadi nano-batang atau  nano-pipih.

Perangkat penyimpan energi elektrokimia merupakan komponen penting dalam jaringan energi masa depan untuk menyangga pembangkit dan pasokan energi yang diturunkan dari sumber terbarukan. Diantara beberapa kandidat potensial, baterai logam-udara adalah salah satu yang paling menjanjikan. Baterai ini tersusun dari anoda logam dan katoda yang menghirup udara dalam elektrolit yang sesuai. Katoda memiliki arsitektur berpori yang mengijinkan pasokan oksigen terus-menerus dari udara di sekitarnya, yang selanjutnya direduksi dengan adanya katalis (umumnya Pt).

Kedua jenis nanopartikel tersebut memiliki aktivitas katalitik yang bagus untuk reaksi reduksi oksigen dengan mekanisme 2-elektron. Keberhasilan pembuatan katalis murah ini mungkin dapat membantu untuk pengembangan baterai statis untuk daerah tertinggal, terluar, terdepan dimana tidak ada pasokan grid listrik.

Pustaka

M. Mahmudi, W. Widiyastuti, P. Nurlilasari, S. Affandi, H. Setyawan, “Manganese dioxide nanoparticles synthesized by electrochemical method and its catalytic activity towards oxygen reduction reaction,” Journal of the Ceramic Society of Japan, 126(11), 906-913, 2018.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s