Terobosan baru teknologi penangkapan karbon skala industri

Dalam terbitan 1 Juli 2019, majalah Chemical Engineering melaporkan peluncuran proyek terobosan baru teknologi penangkapan karbon skala industri. Proyek ini merupakan proyek konsorsium 11 perusahaan Eropa termasuk ArcelorMittal, Axens, IFP Energies nouvelles (IFPEN) dan Total. Proyek yang diluncurkan satu bulan lalu ini bertujuan untuk mendemonstrasikan proses inovatif yang disebut DMX untuk menangkap CO2 dari kegiatan industri. Proyek ini adalah bagian dari penelitian komprehensif yang didedikasikan untuk pengembangan European Dunkirk North Sea Capture and Storage Cluster di masa depan.

Proyek 3D (Demonstrasi DMX di Dunkirk) adalah bagian dari Horizon 2020, program penelitian dan inovasi Uni Eropa, dengan total dana EUR 19,3 juta untuk jangka waktu 4 tahun. Pabrik skala pilot akan dibangun mulai tahun 2020 di pabrik ArcelorMittal steelworks di Dunkirk dan akan mampu menangkap 0,5 m.t./jam CO2 dari gas pembuatan baja sebelum 2021. Pabrik pilot akan menggunakan proses DMX yang sudah dipatenkan, tangkai dari penelitian IFPEN dan akan dilisensi oleh Axens.

Proses DMX (flowsheet) didasarkan pada pelarut amina khusus yang memisah menjadi dua fasa cair untuk beban CO2 atau kondisi suhu tertentu, salah satunya memiliki beban CO2 tinggi. Dengan memisahkan kedua fasa di dekanter memungkinkan untuk mengurangi massa pelarut yang harus diregenerasi. Ini mengurangi energi untuk menangkap hampir 35% dibandingkan proses acuan monoetilamina (MEA) konvensional. Selain itu, menggunakan panas yang dihasilkan oleh pabrik akan memangkas biaya penangkapan separonya, menjadi kurang dari EUR 30/m.t. CO2. (hs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s