Telah terbit buku Kimia Fisika karya Prof. Heru Setyawan

kimiafisikaSatu lagi karya berupa buku diterbitkan oleh Prof. Heru Setyawan, buku Kimia Fisika. Buku ini disusun untuk mengakomodasi kurikulum baru Teknik Kimia ITS (kurikulum 2009) dimana thermodinamika yang dulunya masuk dalam kuliah ini semuanya dimasukkan di mata kuliah Thermodinamika. Sementara, buku-buku kimia fisika yang ada umumnya sebagian besar bahasannya bertumpu pada thermodinamika.

Kimia fisika adalah studi tentang prinsip fisika yang mendasari sifat dan perilaku yang mengatur sistem kimia. Dalam kimia murni, kimia fisika biasanya dibagi menjadi empat bidang: thermodinamika, kimia kuantum, mekanika statistika dan kinetika. Thermodinamika adalah sains makroskopis yang mempelajari hubungan antar berbagai sifat kesetimbangan dari sistem dan perubahan sifat kesetimbangan dalam proses. Kimia kuantum membahas aplikasi mekanika kuantum terhadap struktur atom, ikatan molekul dan spektroskopi. Sains thermodinamika adalah sebagai akibat dari apa yang terjadi pada tingkat molekul (mikroskopis). Tingkat molekul dan makroskopis dihubungkan satu sama lain oleh cabang ilmu yang disebut mekanika statistika.

Kinetika adalah studi tentang kecepatan proses seperti reaksi kimia, difusi dan aliran muatan listrik dalam sel elektrokimia. Teori kinetika menggunakan bagian yang relevan dari thermodinamika, mekanika kuantum dan mekanika statistika. Prinsip kimia fisika menyediakan kerangka untuk semua cabang kimia dan teknik.

Buku ini ditujukan untuk kuliah program sarjana dalam kimia fisika untuk, khususnya teknik kimia, meskipun dapat juga digunakan untuk bidang teknik secara umum. Dalam penulisan, keempat bidang diatas tidak dibagi secara tegas, tetapi suatu topik yang memerlukan penjelasan dari bagian lain akan secara langsung diberikan disitu.

Buku ini ditulis dengan mengingat agar penulisannya jelas, tepat dan cukup mendalam tetapi tetap mudah untuk diikuti. Beberapa penurunan detail tidak diberikan tetapi tinjauan tentang hal itu diberikan sehingga bagi yang tertarik bisa membaca sendiri pustaka yang diberikan.

Buku ini terdiri dari enam bab yang meliputi: (1) wujud zat, (2) teori kinetika gas, (3) sifat transport, (4) larutan, (5) elektrokimia dan (6) permukaan dan koloid. Topik yang dibahas merupakan dasar bagi kuliah berikutnya seperti Operasi Teknik Kimia, Sistem Utilitas Pabrik Kimia, Proses Perpindahan, dan sebagainya.

Dalam Bab 1, tinjauan ulang tentang wujud zat yang berupa gas, padat dan cair diberikan. Teori tentang perubahan fasa dan kesetimbangan fasa satu komponen zat murni dibahas dengan detail untuk memberikan pengertian yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan fasa. Perilaku gas ideal dan keberlakuannya yang menghubungkan parameter makro seperti tekanan, volume dan suhu dibahas secara rinci. Penyimpangan gas ideal dari gas nyata diberikan dengan konsep faktor kompresibilitas. Konsep tersebut dicoba untuk dijelaskan dengan teori van der Waals. Teori zat padat yang meliputi ikatan kimia dalam zat padat dan kristalografi juga dipaparkan. Untuk zat cair, karena tidak ada keteraturan yang jelas, teori tentang zat cair belum bisa dijelaskan dengan baik.

Bab 2 membahas tentang teori kinetika gas sebagai salah contoh bagaimana mengembangkan teori dalam sains yang kemudian bisa dibuktikan dengan percobaan. Teori kinetika gas merupakan dasar untuk mengembangkan beberapa sifat transport seperti viskositas, konduktivitas dan difusivitas gas yang dibahas dalam Bab 3. Dalam Bab 3, selain sifat transport gas, sifat transport untuk zat cair dan zat padat juga dibahas. Selain itu, pendekatan yang detail daripada pendekatan teori kinetika gas untuk memperkirakan sifat transport gas juga dibahas, meskipun penurunan detailnya tidak diberikan.

Bab 4 membahas tentang larutan, terutama larutan dimana pelarutnya adalah air. Ada dua jenis larutan yang dibahas, termasuk sifatnya, yaitu: larutan non-elektrolit dan larutan elektrolit. Sifat penting yang dibahas adalah sifat koligatif larutan dan untuk larutan elektrolit, sifat transport lain yang meliputi konduktivitas, mobilitas ion, dan sebagainya, juga dibahas.

Bab 5 membahas tentang elektrokimia dan aplikasinya. Beberapa teori dasar elektrokimia, terutama dari sudut pandang thermodinamika (sistem dalam kesetimbangan) dibahas secara detail. Aplikasi industri untuk analisa dan contoh proses elektrolisa untuk produksi juga diberikan.

Bab 6 membahas tentang permukaan dan koloid. Teori adsorpsi isothermis umum diberikan dan contoh model adsorpsi isothermis yang banyak digunakan, yang meliputi: isothermis Langmuir, Friendlich dan BET, dipaparkan. Jenis-jenis koloid dan faktor yang memengaruhi stabilitas koloid dibahas secara rinci.

Bagi yang berminat silakan mengisi form dibawah atau bisa datang ke lab. Elektrokimia dan Korosi, Jurusan Teknik Kimia ITS.

16 thoughts on “Telah terbit buku Kimia Fisika karya Prof. Heru Setyawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s