Categories
Articles

Memilih jurnal yang tepat untuk publikasi

Arjuna adalah seorang peneliti penyimpan energi elektrokimia. Setelah beberapa bulan bekerja, ia menyiapkan manuskrip untuk dikirim ke jurnal untuk publikasi. Arjuna ingin manuskripnya memiliki paparan dan dampak sebesar mungkin. Pilih tiga tindakan penting yang harus Arjuna lakukan sebelum mengirimkan manuskripnya.

Tiga tindakan paling penting yang harus Arjuna lakukan sebelum mengirimkan manuskripnya adalah:

  1. Mengidentifikasi pembacanya
  2. Mencocokkan pentingnya hasilnya dengan jurnal yang sesuai
  3. Meneliti kebutuhan jurnal

Dari situ, anda dapat fokus pada struktur, pemaparan, dan membuat judul yang menarik pembaca. Untuk mengetahui bagaimana anda belajar untuk mengambil tindakan ini dan lainnya untuk memastikan anda membuat keputusan yang tepat sebelum mengirim manuskrip ke jurnal, pertimbangkan hal-hal yang akan diuraikan berikut.

Bahasan berikut ini mencakup apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih jurnal yang tepat untuk publikasi anda. Anda bisa mengikuti praktik terbaik ini:

  1. Buat seolah-olah manuskrip anda akan diterbitkan.
  2. Kurangi waktu untuk publikasi.
  3. Tingkatkan visibilitas publikasi anda.
  4. Memberikan anda paparan yang lebih besar.
  5. Tingkatkan peluang pekerjaan anda akan disitasi.

Setiap jurnal ilmiah menarik bagi pembaca tertentu. Penting untuk mengidentifikasi siapa yang membaca jurnal yang anda pertimbangkan dan yang pembaca akan mendapatkan manfaat dari penelitian anda. Cari tahu jurnal mana yang paling banyak dibaca oleh orang yang akan menemukan penelitian anda bermanfaat. Akhirnya, untuk mencapai pembaca yang akan mendapatkan banyak manfaat dari penelitian anda, tentukan apakah dampak potensial manuskrip anda konsisten dengan pembaca jurnal khusus.

Kita paham bahwa berbagi hasil ilmiah dengan orang yang tepat memaksimalkan jumlah orang yang akan membaca penelitian kita, menyumbang terhadap kemajuan sains, dan menumbuh kembangkan profesionalitas kita. Semakin banyak orang membaca dan mengambil manfaat dari penelitian kita, semakin besar peluang manuskrip kita untuk disitasi dan diundang untuk memaparkan temuan kita.

Pikirkan jurnal teratas yang ada dalam daftar untuk publikasi manuskrip anda berikutnya dan temukan pembaca anda. Untuk mengetahui itu, coba jawab pertanyaan berikut. Jika anda belum tahu jawabannya, jawab dengan kemampuan terbaik anda atau ambil waktu sebentar untuk mencarinya.

  1. Siapa yang membaca jurnal ini?
  2. Apakah pembaca jurnal ini dalam bidang anda atau dari komunitas lain yang akan menemukan riset anda bermanfaat?
  3. Bagaimana dampak potensial riset anda konsisten dengan pembaca jurnal?

Menemukan pembaca adalah langkah pertama dan utama agar penelitian anda diterbitkan. Langkah berikutnya adalah mencocokkan ruang lingkup hasil anda dengan jurnal yang tepat.

Memilih jurnal yang salah akan menuju kepada penolakan, membuang waktu berharga anda dan pemaparan yang potensial. Untuk melihat kecocokan antara hasil penelitian anda dengan ruang lingkup jurnal, baca pernyataan ruang lingkup jurnal untuk menentukan apakah penelitian anda masuk di dalamnya. Tinjau referensi yang anda sitasi dalam penelitian anda. Jurnal mana yang anda rujuk paling banyak? Ini akan membantu anda menentukan apakah penelitian anda seiring sejalan dengan tujuan jurnal.

Untuk mengetahui potensi daya tarik terhadap pembaca jurnal, lihat daftar isi jurnal terkini yang diterbitkan dan manuskrip untuk menentukan apakah topik melengkapi riset anda. Selain itu, cari website jurnal untuk kata kunci yang berkaitan dengan penelitian anda.

Mempublikasikan penelitian anda ke jurnal yang sejawat anda tidak membaca atau hormat dapat merusak reputasi keilmuan anda. Jadi, kualitas jurnal yang akan kita tuju perlu kita pertimbangkan. Kualitas sebuah jurnal dapat dinilai dengan indikator berikut:

  • Peer Review. Review sejawat merupakan bagian penting penerbitan ilmiah. Proses peer review yang seksama menjamin jurnal mempublikasikan riset yang bermutu.
  • Pembaca. Peneliti dalam bidang tersebut membaca, membahas, dan mensitasi manuskrip yang dipublikasikan dalam jurnal ini.
  • Kemampuan Ditemukan. Jurnal diindeks pada basis data utama, misal: PubMed Central, SciFinder, Scopus, dan Web of Science, sehingga manuskrip dapat ditemukan.
  • Reputasi. Penerbit jurnal terhormat dan beretika, terikat pada panduan the Committee on Publication Ethics.
  • Editorial Board. Jurnal mempunyai editorial board yang bereputasi dan beragam yang terdiri dari peneliti aktif ternama dari seluruh penjuru dunia dalam bidang penelitian jurnal.

Agar manuskrip kita berpeluang besar untuk diterima, pelajari kebutuhan jurnal. Untuk mengetahui hal itu, baca “About the Journal” untuk mempelajari misi publikasi dan lihat author guidelines untuk jenis isi yang diterima jurnal dan bagaimana memaparkannya. Selain itu, coba untuk memahami apa yang diinginkan oleh editor dan reviewer. Rujuk ke masing-masing jurnal untuk syarat khusus dan panduannya, tetapi pada umumnya mereka menginginkan:

  • Kebaruan/dampak dalam riset yang dilaporkan.
  • Riset yang menarik pembacanya.
  • Kesimpulan yang didukung data.
  • Detail percobaan atau teoritis untuk menjamin data dapat diproduksi lagi.

Sebagai rangkuman, coba pilih pernyataan mana di bawah ini yang benar tentang memilih jurnal yang tepat untuk manuskrip anda. Pilih semua yang berlaku.

Pilihan b, c dan e adalah pilihan yang tepat. Mencari jurnal untuk reputasi dan kualitas untuk penelitian anda adalah tepat. Ingat untuk memeriksa halaman “About the Journal” untuk mempelajari lebih banyak tentang ruang lingkup dan harapan publikasi.

Sebagai penutup, menggunakan praktik terbaik untuk memilih jurnal yang tepat akan membantu anda:

  • Meningkatkan peluang untuk dipublikasikan.
  • Mencapai orang yang paling banyak mengambil manfaat.
  • Mendapatkan lebih banyak paparan.
  • Menerima lebih banyak sitasi.

By Lab Elkimkor

We belong to the Department of Chemical Engineering, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s